Menu

Reproductive Health

6 Jenis Makanan yang Mencegah Kanker Payudara

Riset terakhir menjelaskan bahwa risiko kita mengalami kanker payudara bisa ditekan jika kita mengonsumsi makanan yang tepat. Ada 6 jenis makanan yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Risiko kanker payudara bahkan dapat ditekan hingga 2/3, kali, menurut Cheryl L. Rock, Ph.D., R.D., seorang profesor dari University of California. Bahkan menurutnya, seorang perempuan yang memiliki gen BRCA 1 dan 2 dapat menurunkan risikonya, jika mengonsumsi jenis-jenis makanan ini.

  1. Brokoli. Sulforaphane - senyawa dalam brokoli - mengurangi jumlah sel kanker payudara (yang menyebabkan penyebaran kanker dan pengulangannya) pada tikus, berdasarkan hasil pengamatan para peneliti dari University of Michigan. Pada manusia brokoli disarankan untuk dikonsumsi mentah, dikukus sebentar, atau ditumis. Memasak brokoli terlalu lama akan menghancurkan kandungan Sulforaphane.
  2. Salmon. Mengonsumsi suplemen minyak ikan selama 10 tahun dapat menurunkan risiko terjadinya ductal carcinoma, jenis kanker payudara yang paling umum. Demikian hasil penelitian yang diterbitkan oleh Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention. Hal ini disebabkan karena lemak omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan mengurangi peradangan, yang dapat menyebabkan kanker payudara. Dampak yang sama bisa didapatkan dengan mengonsumsi 8 ons ikan berminyak, seperti Salmon, Sarden, atau Tuna setiap hari selama seminggu
  3. Minyak Zaitun. Para peneliti di Barcelona menemukan bahwa tikus yang diberi makanan berupa lemak dari ekstra minyak zaitun memiliki antioksidan yang dapat menghambat berkembangnya kanker payudara.
  4. Peterseli. Ilmuwan Universitas Missouri menemukan bahwa tumbuhan ini benar-benar dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Hewan yang diberi apigenin, senyawa yang berlimpah dalam peterseli dan seledri, meningkatkan ketahanan mereka terhadap pengembangan tumor kanker. Para ahli menyarankan untuk menambahkan beberapa jumput peterseli segar yang telah ke atas makanan Anda setiap hari.
  5. Kopi. Minum sekitar dua cangkir kopi sehari dapat menurunkan risiko kanker payudara, demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh Breast Cancer Research. Antioksidan kopi diketahui melindungi sel payudara dari kerusakan kanker. Saat ini penelitian lanjutan sedang dilakukan untuk mendapatkan takaran kopi yang tepat.
  6. Plums & Persik. Para peneliti yang berasal dari Texas A & M, menemukan bahwa buah plum dan persik mengandung antioksidan, polifenol yang dapat membunuh sel kanker payudara sekaligus membantu sel-sel sehat bertahan.

Jenis-jenis makanan ini sangat mudah didapat, dan dipandang para ahli akan sangat membantu perempuan mencegah terjadinya kanker payudara, mengingat saat ini setiap tahun di seluruh dunia dilaporkan 180.000 kasus kanker payudara baru.

Related Articles