Menu

Reproductive Health

Mengatasi Mual Saat PMS

Mual tercatat sebagai salah satu gejala pra menstruasi yang umum diderita perempuan. Fakta medis yang diketahui adalah bahwa kedua hormon utama, progesteron dan estrogen; berkaitan erat dengan mual. Jika kadar keduanya tidak seimbang, seorang perempuan akan lebih mudah merasa mual. Selain itu kondisi kram otot perut, kembung, sakit kepala dan pusing, adalah gejala-gejala yang juga memperburuk mual. Sisi baiknya, mual yang dipicu oleh PMS cenderung segera berlalu.

Sekalipun cepat berlalu, tak urung mual mengganggu aktivitas. Agar dapat segera melewati mual di saat menstruasi, lakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Jahe. Rimpang ini adalah obat antimual yang sangat manjur. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk permen, suplemen, bumbu masak, hingga biskuit. Konsumsi seketika Anda mengalami serangan mual.
  2. Kalsium. Unsur nutrisi ini selain dapat mengatasi mual juga diketahui dapat meredakan kramp perut. Mengonsumsi cukup banyak susu, atau yogurt beberapa saat menjelang menstruasi, dan pada awal menstruasi sangat disarankan. Jika tidak terlalu menyukai susu, Anda dapat memenuhi kebutuhan Kalsium dalam bentuk suplemen berdosis 1000 mikrogram sehari.

Jika Anda telah melakukan kedua hal di atas, namun masih juga mengalami mual, segeralah berkonsultasi pada dokter agar Anda mendapatkan obat antimual. Pastikan obat ini selalu tersedia, agar aktivitas Anda tidak terganggu

Related Articles