Menu

Sex

Sedikit, Normal Gak Sih?


Salah satu hal yang menyebabkan cewek bingung adalah urusan menstruasi. Yang gak pas waktulah, yang tiba-tiba deres kayak ngalir dari keran lah... dan bisa jadi tiba-tiba sedikit banget.

Sebenarnya perubahan itu sangat wajar dialami cewek remaja. Saat ini tubuh kita sedang mengalami pertumbuhan, dan semua fungsi tubuh,  juga fungsi reproduksi mengalami penyempurnaan.

Jika suatu ketika mendadak volume darah menstruasi jadi sedikit, gak perlu panik. Hal yang kamu perhatikan adalah memastikan jumlah hari menstruasimu. Kalo biasanya kamu menstruasi 5 hari, dengan volume darah yang cukup banyak, ketika darah menstruasi jadi sedikit, tetapi lama menstruasi tetap 5 hari, sebenarnya normal aja.

Menurut para ahli kesehatan, hal yang lebih penting untuk diperhatikan saat menstruasi bukanlah volume darah. Melainkan jumlah hari menstruasi. Secara medis, lama menstruasi yang normal adalah antara 3 – 10 hari. Sekalipun umumnya perempuan mengalami menstruasi antara 5 – 7 hari, tetapi jika kurang atau lebih dari 3 hingga 10 hari, barulah terkategori tidak normal.

Biasanya penyebab volume darah menstruasi berkurang, antara lain; jika pola hidupmu terganggu, seperti; kurang tidur, kelelahan, atau karena sakit. Beberapa saat setelah pola hidup kembali normal, biasanya kondisi menstruasimu akan kembali seperti biasa lagi.

So, udah lebih jelas kan sekarang!!!

Related Articles