Pil Kontrasepsi Darurat


 

Sejak diproduksi secara masal pada enam tahun silam, Pil kontrasepsi darurat yang semula dibuat untuk mencegah kehamilan ini malah disalahgunakan untuk aborsi. Itu sebabnya, kini Prof. Anna Glasier, seorang pakar keluarga berencana dari Inggris ‘mati-matian’ ingin menjernihkan kegunaan pil kontrasepsi darurat ini di kalangan perempuan.

Seperti dikutip dalam British Medical Journal, selama ini kalangan perempuan di Inggris telah salah mengerti akan kegunaan pil kontrasepsi darurat ini. Dengan adanya pil kontrasepsi darurat ini angka aborsi di Inggris justru semakin meningkat. “Selama ini masyarakat salah dalam cara mengonsumsi pil tersebut. Pil yang hanya efektif selama 72 jam ini seharusnya dikonsumsi sebelum dan selama melakukan hubungan seksual dengan maksud mencegah terjadinya pembuahan setelah hubungan seksual. Bukan diminum setelah melakukan hubungan seksual,” ujarnya. “Mereka sengaja melakukan hal tersebut karena mereka tahu bahwa pembuahan pasti terjadi setelah terjadi hubungan seksual,” ujar Profesor Anna menambahkan.

Pendapat yang sama juga dikemukakan oleh mantan pengurus Asosiasi Keluarga Berencana, Toni Belfield. "Pil kontrasepsi darurat ini tidak sama dengan pil kontrasepsi biasanya. Pil ini juga bukan pengganti dari pil kontrasepsi yang seharusnya," ujarnya menegaskan. Juru bicara Departemen Kesehatan juga mengatakan selama ini telah terjadi salah pengertian dalam masyarakat mengenai kegunaan pil kontrasepsi darurat ini.

Pemerintah Inggris tidak pernah mengatakan bahwa pil ini adalah jawaban untuk menekan angka kehamilan melalui aborsi di Inggris. "Kebijakan kami selama ini adalah mengutamakan seks yang aman dengan menggunakan alat kontrasepsi yang bisa diandalkan agar dapat melindungi perempuan dari kehamilan yang tidak diinginkan," ungkap juru bicara tersebut.

Related Articles

Reproductive Health

Pertolongan Pertama Saat Menstruasi Berat

1 dari 3 perempuan alami menstruasi banyak, dan lama. Kenali pemicunya, dan tangani dengan tepat ketika mengalami kondisi ini.

Fact of Period

Fact of Period

Setiap perempuan mengalami menstruasi kurang lebih 400 kali, sejak mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya.

Sex

Bebas Bete Saat PMS

Bete bisa dialami cewek kapan saja, tetapi cenderung sering dialami menjelang menstruasi. Pemicunya adalah fluktuasi kadar hormon yang mengganggu pusat pengontrol emosi.

Sociolife

Si Pacar Marah dan Diam

Tiap berantem, pasti si pacar diam. Dia sepertinya menghindar dan gak bales chat. Duh! Apa ini tanda gak sayang dan mau mutusin hubungan?

Thin Is In

Laurier Super Slimguard.
Hanya 1 mm, tipis banget, berdaya serap kuat. Kamu tetap bisa bergerak bebas dan tampil maksimal. Jadikan Laurier Super Slimguard pilihanmu.

Match meter

Match Meter

Girls, cari tahu fashion style kamu di sini, biar makin mantep saat dandan dan tampil prima, karena tahu karakter dirimu.

Catalogue

Catalogue

Laurier untuk siang dan malam. Tipis dan berdaya serap tinggi. Aman dan aktivitas jadi tak terganggu.

ask dr. Laurier

Jangan ragu bertanya pada dr. Laurier

Ingin tahu seputar kesehatan reproduksi dan masalah menstruasi yang kamu alami? Dapatkan jawabannya langsung ke email kamu

Fact of Period

Monthly Basic

Setiap perempuan mengalami menstruasi kurang lebih 400 kali, sejak mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya.

Health Dictionary

Know Them Well

A - Z istilah kesehatan perempuan, yang perlu diketahui.

Best Friend Reward

Easy to Get

Siapa cepat, dia dapat! Ungkapan cinta Laurier pada para sahabat.

Zodiac

Pisces

Minggu ini kamu terperangkap lagi dalam kebiasaan lama. Entah apa itu? Yang pasti coba deh jangan biarkan dirimu berlarut-larut. Ayo! Perbaiki diri. Kamu pasti bisa!

Happy Friends

Viona Ciptadi

Aku tetap aktif selama camping sekalipun sedang menstruasi, karena Laurier Double Comfort melindungi serta nyaman.