Pil Kontrasepsi Darurat


 

Sejak diproduksi secara masal pada enam tahun silam, Pil kontrasepsi darurat yang semula dibuat untuk mencegah kehamilan ini malah disalahgunakan untuk aborsi. Itu sebabnya, kini Prof. Anna Glasier, seorang pakar keluarga berencana dari Inggris ‘mati-matian’ ingin menjernihkan kegunaan pil kontrasepsi darurat ini di kalangan perempuan.

Seperti dikutip dalam British Medical Journal, selama ini kalangan perempuan di Inggris telah salah mengerti akan kegunaan pil kontrasepsi darurat ini. Dengan adanya pil kontrasepsi darurat ini angka aborsi di Inggris justru semakin meningkat. “Selama ini masyarakat salah dalam cara mengonsumsi pil tersebut. Pil yang hanya efektif selama 72 jam ini seharusnya dikonsumsi sebelum dan selama melakukan hubungan seksual dengan maksud mencegah terjadinya pembuahan setelah hubungan seksual. Bukan diminum setelah melakukan hubungan seksual,” ujarnya. “Mereka sengaja melakukan hal tersebut karena mereka tahu bahwa pembuahan pasti terjadi setelah terjadi hubungan seksual,” ujar Profesor Anna menambahkan.

Pendapat yang sama juga dikemukakan oleh mantan pengurus Asosiasi Keluarga Berencana, Toni Belfield. "Pil kontrasepsi darurat ini tidak sama dengan pil kontrasepsi biasanya. Pil ini juga bukan pengganti dari pil kontrasepsi yang seharusnya," ujarnya menegaskan. Juru bicara Departemen Kesehatan juga mengatakan selama ini telah terjadi salah pengertian dalam masyarakat mengenai kegunaan pil kontrasepsi darurat ini.

Pemerintah Inggris tidak pernah mengatakan bahwa pil ini adalah jawaban untuk menekan angka kehamilan melalui aborsi di Inggris. "Kebijakan kami selama ini adalah mengutamakan seks yang aman dengan menggunakan alat kontrasepsi yang bisa diandalkan agar dapat melindungi perempuan dari kehamilan yang tidak diinginkan," ungkap juru bicara tersebut.

Related Articles

Reproductive Health

Setelah Periode Produktif

Di akhir usia produktif, perempuan mengalami ciri yang sama seperti masa puber. Siklus menstruasi kembali menjadi tidak teratur, dan disertai gejala lain yang relatif mengganggu.

Fact of Period

Fact of Period

Setiap perempuan mengalami menstruasi kurang lebih 400 kali, sejak mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya.

Sex

Penyebab Tidak Menstruasi

Sudah saatnya menstruasi, tetapi tak kunjung terjadi? Tak heran jika kemudian bertanya-tanya, mungkinkah sakit atau gangguan kesehatan?

Sociolife

Risiko Merokok Sejak Remaja

Di usia remaja, selain mengalami perubahan fisik, menstruasi, ada dorongan mencoba berbagai hal, termasuk merokok. Alhasil bisa memicu kecanduan, dan risiko kesehatan jangka panjang.

Go With Thin!

Laurier Double Comfort, lebih TIPIS tapi menyerap maksimal seperti Maxi, sehingga tidak bocor. Tidak mengganjal dan lebih nyaman saat dipakai. Mudah dicuci dengan sedikit tenaga.

Match meter

Match Meter

Girls, cari tahu fashion style kamu di sini, biar makin mantep saat dandan dan tampil prima, karena tahu karakter dirimu.

Catalogue

Catalogue

Laurier untuk siang dan malam. Tipis dan berdaya serap tinggi. Aman dan aktivitas jadi tak terganggu.

ask dr. Laurier

Jangan ragu bertanya pada dr. Laurier

Ingin tahu seputar kesehatan reproduksi dan masalah menstruasi yang kamu alami? Dapatkan jawabannya langsung ke email kamu

Fact of Period

Monthly Basic

Setiap perempuan mengalami menstruasi kurang lebih 400 kali, sejak mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya.

Health Dictionary

Know Them Well

A - Z istilah kesehatan perempuan, yang perlu diketahui.

Best Friend Reward

Easy to Get

Siapa cepat, dia dapat! Ungkapan cinta Laurier pada para sahabat.

Zodiac

Libra

Sulit menolak cowok yang suka padamu? Tapi jangan kucing-kucingan terus. Katakan terus terang, gak perlu sambil jutek tapinya ya. Nyantai aja.

Happy Friends

Cindy Aisyah Firdiah, Tangerang

Laurier pilihan mama, pas aku pertama kali menstruasi. Laurier nyaman, dan mudah dibersihkan.