Menu

Fact About Period

Menstruasi

 

Apakah Menstruasi atau Haid Itu?
Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Menstruasi pasti akan terjadi pada semua wanita yang normal.

 

Apakah Siklus Menstruasi Itu?
Siklus menstruasi adalah jarak antara satu menstruasi ke menstruasi berikutnya. Siklus ini biasanya berlangsung kurang lebih 28 hari (antara 21-35 hari). 

 

Berapa Lama Menstruasi Berlangsung?
Biasanya, lamanya menstruasi bisa berbeda-beda, umumnya berkisar antara 3 sampai 10 hari. Tapi, rata-rata wanita mengalaminya selama 5-7 hari. Tetapi ada juga wanita yang mengalaminya selama 4 hari hingga 6 hari.

 

Mengapa Timbul Sakit atau Kram Perut Saat Menstruasi?
Sakit perut menjelang atau pada saat menstruasi, merupakan akibat dari kontraksi otot perut ketika mengeluarkan darah dari dalam rahim. Sebagaimana kontraksi otot pada bagian tubuh yang lain, otot rahim yang telah bekerja sangat intens ini pun akan mengalami ketegangan (kram), dan kondisi ini menyebabkan nyeri.

 

Bagaimana Cara Mengurangi Sakit atau Kram Perut itu?

  • Kompres dengan botol panas (hangat) tepat pada bagian yang terasa kram (bisa perut atau pinggang bagian belakang).
  • Mandi air hangat, dapat ditambahkan minyak aroma terapi untuk relaksasi.
  • Minum minuman hangat yang mengandung kalsium tinggi.
  • Menggosok-gosok perut/ pinggang yang terasa nyeri.
  • Ambil posisi menungging sehingga rahim tergantung ke bawah. Ini bisa membantu relaksasi otot rahim, sehingga nyeri mereda.
  • Tarik napas dalam-dalam secara perlahan untuk relaksasi.

Related Articles