Tanda-tanda Kehamilan

Siklus menstruasi tertunda? Harap-harap cemas proses pembuahan sedang terjadi di dalam tubuh Anda? Hal ini dapat dipastikan secara mudah dengan testpack atau pemeriksaan urin di laboratorium. Tetapi selain itu ada 8 gejala unik yang dialami, dan perlu ditangani secara tepat agar tidak mengganggu proses kehamilan.

1.    Lelah
Kelelahan yang luar biasa dan tidak bisa dijelaskan adalah gejala awal yang paling umum saat seorang perempuan mulai hamil, kata Gil Gross MD, profesor di bidang Obstetri dan Ginekologi dari Washington University School of Medicine di St. Louis, USA. Jangan mengonsumsi kopi yang berlebihan untuk mengusir kelelahan ini. Sebaliknya, cobalah untuk beristirahat, dan bersantai sarannya.

2.    Gangguan selera makan
Jika aroma makanan membuat Anda mual, maka sangat mungkin Anda hamil. Umumnya di awal kehamilan perempuan mengalami gangguan selera makan. Hal ini disebabkan karena peningkatan hormon beta-hCG. Kondisi yang paling baik untuk mengatasi hal ini, adalah menghindari aroma makanan yang mengganggu.

3.    Penciuman sensitif
Aroma yang semula menyenangkan, seperti; cologne suami, dapat menjadi sangat menganggu dan memicu mual pada awal kehamilan. Kodisi ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon di dalam tubuh. TIdak ada hal yang bisa dilakukan kecuali menghindari aroma-aroma tersebut.

4.    Mual dan muntah
Mual dan muntah bisa jadi indikasi pertama kehamilan. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon. Kondisi ini hanya berlangsung hingga minggu ke-19 kehamilan. Sebenarnya mual dan muntah ini merupakan pertanda bagus, karena terjadi akibat peningkatan hormon beta-hCG, yang berarti janin bertumbuh.

Agar dapat mengatasi kondisi ini, sebaiknya: tidak membiarkan perut kosong, pastikan untuk senantiasa mengemil; makan dalam porsi kecil dan sering sepanjang hari; mengemil sebelum turun dari tempat tidur, dan menjelang tidur. Untuk mengusir mual, bisa mengemut permen lemon atau peppermint.

Vitamin kehamilan pun bisa memicu mual jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Sebaiknya dikonsumsi pada malam hari, pada saat makan. Jika muntah terjadi berlebihan, segera berkonsultasi dengan dokter.

5.    Payudara bengkak dan nyeri
Perubahan yang terjadi pada payudara juga terkategori sebagai salah satu gejala awal kehamilan. Sebenarnya ini gejala yang juga dialami menjelang menstruasi. Cara mengatasinya adalah dengan mengenakan bra yang dapat menopang payudara secara baik.

6.    Sering berkemih
Perkembangan rahim seiring perkembangan janin, menekan kandung kemih, sehingga merangsang refleks mengeluarkan urin. Tidak ada cara untuk mengatasi hal ini, dan sebaiknya tidak menahan dorongan untuk berkemih. Sangat disarankan agar berkemih sebelum tidur, agar waktu tidur menjadi lebih panjang. Biasanya akan terbangun beberapa kali di malam hari, untuk berkemih.

7.    Kesulitan bernapas
Kesulitan bernapas cenderung terjadi karena tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen untuk menopang pertumbuhan embrio. Seiring bertambahnya usia kehamilan, kondisi ini semakin nyata terjadi. Sekalipun wajar, sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter, terutama jika terjadi tanpa aktivitas fisik berlebih, rasa nyeri saat menarik napas, sesak napas saat tidur, atau sesak napas semakin terasa mengganggu.

8.    Perubahan fisik
Di awal kehamilan, selain bentuk tubuh yang berubah, terjadi juga perubahan warna di area vagina, dan leher rahim. Kedua hal ini sebenarnya hanya dapat diketahui oleh dokter saat melakukan pemeriksaan. Namun gejala fisik yang paling utama dari sebuah kehamilan pada seorang perempuan yang memiliki siklus menstruasi teratur adalah tertundanya menstruasi. Segeralah memeriksakan diri ke dokter jika hal ini terjadi.

Related Articles

Reproductive Health

Agar Emosi Tak Labil Saat Menstruasi

Kunci utama dalah menciptakan kondisi bebas stres sehingga tetap terkendali menjelang menstruasi.

Fact of Period

Fact of Period

Setiap wanita akan mengalami menstruasi kurang lebih sebanyak 400 kali, sejak wanita tersebut mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya!

Sex

Membersihkan Vagina di Saat Menstruasi

Sensasi lembap saat menstruasi cenderung membuat kita ingin membersihkan area vagina. Boleh saja, tapi lakukan dengan benar.

Sociolife

Tak Cocok Lagi

Merasa terperangkap dengan teman bermain semasa kecil, padahal sudah tak cocok? Jangan diabaikan, sebaiknya segera diselesaikan masalahnya.

Thin is In!

Laurier Super Slimguard, berdaya serap cepat. Meski hanya 1mm, menyerap lebih banyak dan kering. Menakjubkan! Jadikan Laurier Super Slimguard pilihanmu.

Match meter

Match Meter

Girls, cari tahu fashion style kamu di sini, biar makin mantep saat dandan dan tampil prima, karena tahu karakter dirimu.

Catalogue

Catalogue

Laurier untuk siang dan malam. Tipis dan berdaya serap tinggi. Aman dan aktivitas jadi tak terganggu.

ask dr. Laurier

Jangan ragu bertanya pada dr. Laurier

Ingin tahu seputar kesehatan reproduksi dan masalah menstruasi yang kamu alami? Dapatkan jawabannya langsung ke email kamu

Fact of Period

Monthly Basic

Setiap wanita akan mengalami menstruasi kurang lebih sebanyak 400 kali, sejak wanita tersebut mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya!

Health Dictionary

Know Them Well

A - Z istilah kesehatan perempuan, yang perlu diketahui.

Best Friend Reward

Easy to Get

Siapa cepat, dia dapat! Ungkapan cinta Laurier pada para sahabat.

Zodiac

Taurus

Daripada bosen, mending beresin kamar. Agar rapi dan kamu betah belajar untuk UAS, girl!

Happy Friends

Ivone Christin Rosalina, Jakarta

Nyaman dipakai dan membuat aku selalu percaya diri kemanapun saat menstruasi,