Mitos Tentang Pembalut

 

Pembalut udah jadi kebutuhan dan teman setia saat menstruasi. Fungsi pembalut dapat menyerap darah menstruasi dengan optimal, sehingga kita bisa beraktivitas aman tanpa takut tembus.

Walaupun kita tahu bahwa pembalut terbuat dari bahan yang higienis dan tidak membahayakan, tetapi masih ada aja info miring yang beredar tentang pembalut. Gak mau sampai salah menanggapinya kan girls, mari cari tahu!?

Mitos :
Pembalut menyebabkan kanker serviks.
Fakta :
Wah… salah banget girls! Kanker serviks atau kanker leher rahim 99,7% disebabkan oleh HPV (Human Pappiloma Viruses). Virus tersebut dapat berpindah dari satu orang ke orang lain melalui hubungan seksual. Jadi bukan karena pembalut!

Mitos :
Tidak mencuci pembalut akan didatangi hantu.
Fakta:
Belum dapat dipastikan kebenarannya juga sih girls. Tapi yang pasti menjaga kebersihan itu perlu, baik saat memakai pembalut atau saat akan membuangnya. Jika sedang tidak memungkinkan untuk mencuci, pastikan pembalut terbungkus rapat dan rapi, sebelum dibuang ke tempat sampah.

Mitos :
Pembalut berpewangi bikin darah menstruasi tidak bau
Fakta :
Pada dasarnya aroma darah menstruasi sangat khas, karena mengandung sel-sel yang semula "hidup". Perlu diketahui bahwa aroma darah menstruasi itu tidak akan tercium oleh orang lain. Sebaliknya bahan kimia yang digunakan sebagai pewangi pada pembalut berisiko memicu iritasi di area vagina.

Mitos:
Perekat pembalut menyebabkan keputihan.
Fakta:
Fungsi perekat pada pembalut adalah untuk merekatkan pembalut ke celana dalam agar tidak mudah geser saat beraktivitas. Pola perekat berbentuk garis-garis tipis, jadi tidak menutupi seluruh bagian belakang pembalut sehingga sirkulasi udara tetap lancar dan bebas lembap.

Mitos:
Memakai pembalut saat menstruasi menyebabkan kemandulan.
Fakta :
Pembalut adalah produk yang dapat dipastikan kondisinya steril dan aman sebelum digunakan. Agar tetap bersih dan terhindar dari iritasi dan infeksi, baiknya rajin ganti pembalut 4 jam sekali atau ketika darah menstruasi sedang keluar banyak.

Kalo mau aman, pastikan pembalut pilihanmu memiliki no registrasi dari Kementrian Kesehatan RI sebagai bukti standar kesehatan dari kementrian kesehatan dan dijamin kebersihannya.

Related Articles

Reproductive Health

Diet Mengurangi Gejala Endometriosis

Pola makan diketahui dapat membantu proses pemulihan endometriosis. Terutama meminimalkan nyeri yang dirasakan setiap kali pengidap mengalami menstruasi.

Fact of Period

Fact of Period

Setiap perempuan mengalami menstruasi kurang lebih 400 kali, sejak mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya.

Sex

Kok Bocor?

Pembalut yang dikenakan sudah tebal, tetapi masih bocor? Duuuh... coba cek sudah tepat pilihan pembalutmu? Ataukah ada hal lain yang menyebabkan kebocoran?

Sociolife

Kondisi Fisik, Jangan Dijadikan Candaan

Dalam pergaulan, kondisi fisik seseorang yang tidak umum, cenderung menjadi bahan olok-olok. Hal yang sebaiknya dihindari karena mengganggu rasa percaya diri seseorang.

Go With Thin!

Laurier Double Comfort, lebih TIPIS tapi menyerap maksimal seperti Maxi, sehingga tidak bocor. Tidak mengganjal dan lebih nyaman saat dipakai. Mudah dicuci dengan sedikit tenaga.

Match meter

Match Meter

Girls, cari tahu fashion style kamu di sini, biar makin mantep saat dandan dan tampil prima, karena tahu karakter dirimu.

Catalogue

Catalogue

Laurier untuk siang dan malam. Tipis dan berdaya serap tinggi. Aman dan aktivitas jadi tak terganggu.

ask dr. Laurier

Jangan ragu bertanya pada dr. Laurier

Ingin tahu seputar kesehatan reproduksi dan masalah menstruasi yang kamu alami? Dapatkan jawabannya langsung ke email kamu

Fact of Period

Monthly Basic

Setiap perempuan mengalami menstruasi kurang lebih 400 kali, sejak mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya.

Health Dictionary

Know Them Well

A - Z istilah kesehatan perempuan, yang perlu diketahui.

Best Friend Reward

Easy to Get

Siapa cepat, dia dapat! Ungkapan cinta Laurier pada para sahabat.

Zodiac

Scorpio

Gak usah buru-buru mastiin perasaan di antara kalian. Lebih baik nikmati dulu kebersamaan yang ada.

Happy Friends

Cindy Aisyah Firdiah, Tangerang

Laurier pilihan mama, pas aku pertama kali menstruasi. Laurier nyaman, dan mudah dibersihkan.