Menu

Latest Research

5 Fakta Tentang Payudara

   
Tak akan ada habisnya membicarakan payudara, ukuran, bentuk dan keindahan selalu jadi topik menarik. Bahkan sejak puber, perempuan sudah terbiasa mengamati pertumbuhan payudaranya. Sementara fungsi dan kesehatannya cenderung diabaikan. Jadi jangan sampai salah paham tentang the twins, girls. Pelajari faktanya:

  1. Merokok adalah penyebab no.1 payudara kendor. Zat yang terkandung di dalam asap rokok yang terhirup ke dalam tubuh, dan mengenai kulit merusak sejenis protein yang dikenal bernama elastin. Protein ini berfungsi menjaga elastisitas kulit. Jika elastisitas kulit rusak, termasuk kulit di sekitar payudara, maka secara otomatis bentuknya tidak lagi kencang, dan terlihat menggelayut.
  2. Posisi tidur dapat memengaruhi bentuk payudara. Para ahli menemukan bahwa tidur dengan posisi terlentang, sangat baik bagi payudara. Hal ini disebabkan berat payudara disuport secara penuh oleh dada. Sementara tidur dengan satu sisi tubuh, membuat payudara cepat mengendor, karena posisinya menggantung, bahkan menarik otot penopang payudara dengan rongga dada. Sedangkan tidur tengkurap sangat buruk karena payudara mendapatkan tekanan dari seluruh rongga dada. Akibatnya bentuknya menjadi buruk.
  3. Payudara seorang perempuan yang terlihat besar, belum tentu ukurannya besar, Bisa saja sama! Selama ini, orang menentukan ukuran besar payudara berdasarkan besarnya cup bra, padahal jika dua orang perempuan yang memiliki ukuran cup bra yang sama disejajarkan, maka perempuan yang memiliki payudara dengan posisi menghadap ke depan, dan tengah akan terlihat lebih besar.
  4. Payudara tetap berkembang hingga tidak lagi menstruasi. Sekalipun perkembangan payudara dimulai pada awal masa puber bukan berarti setelah masa puber payudara berhenti terbentuk. Puting dan areola payudara baru mulai terbentuk di usia 20 tahun. Selain itu, payudara juga cenderung berubah selama menstruasi, masa kehamilan, dan ketika menyusui.
  5. Tidak ada payudara yang simetris, baik bentuk dan ukuran. Ditemukan bahwa rata-rata bentuk dan ukuran payudara kiri cenderung lebih besar dibandingkan payudara kanan.

Apakah ada salah satu di antara fakta itu yang baru diketahui? Bisa jadi kerabat dan sahabat Anda pun belum mengetahuinya. Sebarkan informasi ini agar pemahaman tentang tubuh di antara perempuan semakin baik!

Related Articles